header coretan ibu kiya

Pembiasaan Melahirkan Kemauan

Posting Komentar
Bunda Sayang
Melatih Kemandirian Day 11

Kemandirian pada anak perlu dilatih sejak dini, mulai dari hal-hal kecil dan kebutuhan pribadinya. Mandiri artinya mampu melakukan hal-hal yang dibutuhkan sendiri, tanpa bantuan orang lain.


Anak yang mandiri lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan. Ia tumbuh dengan rasa percaya diri yang tinggi, memiliki rasa tanggung jawab yang besar, dan solutif dalam menghadapi tantangan kehidupan. Mereka cenderung mampu menyelesaikan masalah pribadinya dengan baik tanpa bergantung dan merepotkan orang lain.

Hal ini menunjukkan bahwa anak mandiri memiliki kualitas yang baik dalam kehidupan sosial. Oleh karena itu, mendidik anak mandiri sejak dini sangat diperlukan.

Pada hari kesebelas tantangan melatih kemandirian kali ini Kiya masih belajar mencuci baju. Kalau kemarin hanya sibuk memeras dan menginjak-injak baju setelah ibu cuci, hari ini ia berinisiatif untuk mencuci sendiri pakaiannya.

Alhamdulillah, meski tetap harus dibilas lagi sama ibu, paling tidak dia sudah mau berusaha tanpa diminta. Tentu ini bukan karena kebetulan tetapi inisiatif yang muncul lahir dari pembiasaan. Karena terbiasa dilibatkan saat mencuci baju, dengan sendirinya Kiya pun memiliki kemauan untuk melaksanakannya tanpa paksaan. Terima kasih atas usahamu hari ini sayang. đŸ˜˜

___

#Harike-11
#Tantangan10Hari
#GameLevel2
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian
#InstitutIbuProfesional
Nining Purwanti
Selamat datang di blog Ibu Kiya. Ibu pembelajar yang suka baca, kulineran, jalan-jalan, dan nonton drama Korea. Selamat menikmati kumpulan coretan ibu Kiya, semoga ada manfaat yang didapat ya. ��

Related Posts

Posting Komentar