header coretan ibu kiya

Trauma Menggagalkan Keberhasilan

Posting Komentar
Toilet training
Melatih Kemandirian Day 12

Salah satu keterampilan yang harus dimiliki anak sesuai tahap perkembangan sosial adalah kemampuan menjaga kebersihan tubuh sendiri. Keterampilan tersebut meliputi kemandirian dalam membersihkan tubuh (mandi), mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, mencuci tangan dan kaki sebelum tidur, serta toilet training.

Toilet Training merupakan proses melatih dan menanamkan kebiasaan pada anak untuk melakukan aktivitas buang air kecil dan besar pada tempatnya, di toilet. Toilet training menjadi awal dari proses anak menuju kemandirian. Selain itu, juga dapat membantu anak mengenali bagian-bagian serta fungsi tubuhnya (anatomi).

Berbicara mengenai toilet training, alhamdulilah Kiya sudah lulus sejak usia kurang dari dua tahun. Bukan hal yang mudah tentunya, semua keberhasilan melalui proses perjuangan yang meninggalkan kenangan mengesankan.

Proses toilet training Kiya dijalani secara bertahap, dari hal yang paling sederhana, yaitu mampu mengenali rasa 'ingin pipis’, ingin buang air besar’; menyampaikan ke orang lain saat ingin ke toilet; lepas popok - mulai dari hanya saat tidur, sampai akhirnya tidak pernah pakai sama sekali; hingga tahapan yang lebih tinggi, yaitu berani ke toilet sendiri.

Awalnya, Kiya sudah berani sendiri ke toilet, bahkan proses latihan sudah sampai pada tahap bisa cebok dan membersihkan air seni saat buang air kecil. Namun, semua mendadak buyar dan harus memulai pelatihan dengan intens kembali karena kehadiran ular yang tanpa sengaja mampir ke toilet.

Kiya yang awalnya sudah rutin bolak-balik ke toilet sendiri mendadak ciut nyali. Dalam benaknya masih ada rasa takut kalau-kalau mendadak ular kembali datang menyapa.

Inilah yang menjadi PR besar kami saat ini, menumbuhkan keberaniannya kembali. Alhamdulillah, perlahan, dengan latihan dan penguatan, keberaniannya kembali muncul. Meski masih tergantung mood. Saat tertentu, ia masih merengek untuk diantar dan ditunggui sampai akhir. Lain waktu, hanya cukup dengan merapal kalimat andalan, “Ada Allah yang selalu menjaga Kiya.” ia berani di toilet sendiri seperti hari ini.

Bismillah, semoga traumamu segera hilang dan hanya menyisakan keberanian ya, sayang. đŸ˜‡

___

#Harike-12
#Tantangan10Hari
#GameLevel2
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian
#InstitutIbuProfesional
#komunitasonedayonepost
#ODOPBatch6
Nining Purwanti
Selamat datang di blog Ibu Kiya. Ibu pembelajar yang suka baca, kulineran, jalan-jalan, dan nonton drama Korea. Selamat menikmati kumpulan coretan ibu Kiya, semoga ada manfaat yang didapat ya. ��

Related Posts

Posting Komentar