header coretan ibu kiya

Menstimulus Matematika Logis: Mengumpulkan Biji-bijian

10 komentar
Bunda Sayang
Day 03

Kegiatan memstimulus matematika logis kali ini tanpa rencana. Berjalan dengan sendirinya tanpa disengaja. Begitulah keseharian kami, biasa melakukan hal-hal di luar dugaan. Seringnya kalau dijadwal atau direncanakan justru tidak terlaksana dengan baik sih, jadinya ngalir saja. Halah, ngeles. Hihihi ….

Ceritanya ibu lagi beberes kamar. Kiya lagi asyik main di luar. Lama tidak terdengar suaranya, penasaranlah ibu jadinya. Setelah melongok ke luar, ternyata dia lagi asyik jongkok. Entah ngapain, karena posisinya membelakangi ibu, jadi tidak kelihatan.

“Kiya lagi apa?”
“Tara … Kiya lagi ngumpulin biji ini lho, Buk. Nanti kalau sudah terkumpul semua, Ibu yang masukin ke kandang branjangan ya. Pliss … minta tolong,” katanya dengan wajah sok imut. Hahaa ….

“Lho, emang itu kenapa diambil?”
“Ini Kiya pilih yang masih utuh.”
“Emang Kiya bisa membedakan?”
“Bisa lah, kan sudah dikasih tahu Ayah. Kata Ayah, kalau yang belum membuka kulitnya, berarti masih utuh, bisa dikasihkan ke branjangan lagi. Biar dimakan.”

Ibu cuma manggut-manggut. Kemudian dia kembali asyik memungut biji yang berserakan.

Bunda Sayang
Mengumpulkan Biji-bijian

Tak berapa lama. “Ibu, ini sudah. Minta tolong masukin ke kandang. Kiya belum bisa.”

Kesempatan ibu buat ngajak Kiya belajar matematika logis lagi nih. Akhirnya ibu minta dia memilah biji yang kecil dan yang besar, kemudian menghitung masing-masing jumlahnya. Hitungan satu sampai lima belas masih lancar, berikutnya mulai loncat-loncatan.

Hasil hitungan Kiya keseluruhan biji utuh yang jatuh sebanyak delapan belas. Setelah menghitung kembali, berdua, ternyata ada dua puluh tiga. Alhamdulillah, bisa belajar berhitung sederhana lagi hari ini.

#harike-3
#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Thinklogic

Nining Purwanti
Selamat datang di blog Ibu Kiya. Ibu pembelajar yang suka baca, kulineran, jalan-jalan, dan nonton drama Korea. Selamat menikmati kumpulan coretan ibu Kiya, semoga ada manfaat yang didapat ya. ��

Related Posts

10 komentar

  1. Cerita sederhana yang di rangkai dengan indah, hingga pembacanya bisa mudah memahaminya....lha wong penulisnya ahlinya ahli dalam menulis dan merangkai cerita.

    BalasHapus
  2. Ahhh senangnya, bermain sambil belajar, bikin anak ga bosen nih 😊😊

    BalasHapus
  3. Aku salfok sama theme blognya Ibu Kiya. Lucuuuuuu bangettt pengen hahahaha

    BalasHapus
  4. Blog & kontennya asiikk..

    Bs dijadikn bhan ATM 😁

    BalasHapus
  5. Apa cuma aku yang salfok sama theme nya😂

    BalasHapus
  6. MasyAllah galfok sama tema blog syantik sekaliiiii, menarik juga ceritanya ga ada habisny memang kalau mengulik dunia anak kecil dari sudut manapun hiii jd pengen punya baby sendiri hiii

    BalasHapus
  7. Wahh..ternyata kegiatan belajar pintar bisa dilakukan dengan media apa aja ya mbak, termasuk dengan biji-bijian

    BalasHapus
  8. Kreatif bunda... dari hal sederhana namun efek nya luar biasa.. 😊😊

    BalasHapus

Posting Komentar