header coretan ibu kiya

Menstimulus Matematika Logis: Jual Beli

1 komentar
Bunda Sayang
Day 02

Menstimulus anak untuk menyukai matematika bisa kita lakukan dengan cara-cara sederhana. Menyisipkan kegiatan berhitung dalam rutinitas harian bersamanya. Salah satu cara yang saya gunakan kali ini adalah dengan bermain jual beli.

Sudah menjadi kebiasaan, saat Ibu melipat baju, pasti Kiya akan ikut serta. Biasanya dia bagian melepas hanger dari baju, kadangkala ikut melipat dengan berbagai bentuk yang bisa dibilang tidak jelas alias awut-awutan. Hahaaa … tapi bukan menjadi soal, karena ia sedang belajar. Mengamati apa yang ibunya lakukan dan berusaha menduplikasi semampunya. Bukankah sebuah kesempurnaan tercipta dari latihan yang terus-menerus? Jadi, fasilitasi saja.

Nah, yang paling seru pada bagian akhir aktivitas. Ibu menugaskan Kiya untuk mengelompokkan hanger menjadi dua bagian berdasarkan ukuran, yang kecil dan yang besar. Jika sudah terkumpul, Kiya bertugas menjual hanger-hanger tersebut ke pasar (mainan). Pasar di sini adalah tempat meletakkan hanger di dekat tiang jemuran.

Menstimulus Matematika Logis

Hanger yang kecil dihargai 5000 rupiah per pcs, sedangkan yang besar 10.000 rupiah per pcs. Sebelum berangkat, Kiya diminta menghitung jumlah hanger kecil di tangannya, lalu dijual ke pasar (mainan).

Setelah selesai meletakkan hanger pada tempatnya, “Ibuk, Kiya pulang. Bawa uang banyak nih.”

Kami pun menghitung uang pura-pura yang didapat dari hasil penjualan dengan cara mengalikan jumlah hanger yang dijual dengan besaran 5000 rupiah. Memang Kiya belum bisa perkalian yang sebenarnya. Ibu bagian menyebutkan jumlahnya yang sebenarnya. Namun, dari sini ia sedang belajar konsep berhitung.

Kegiatan ini berawal dari keisengan semata, tapi sekarang menjadi candu buat Kiya. Setiap kali tiba waktunya melipat baju, ia sudah memainkan peran dengan sendirinya.

Jadi, siapa bilang belajar matematika itu sulit dan butuh alat yang mahal? Nyatanya, dengan cara sederhana dan media seadanya pun bisa menyenangkan untuk anak-anak. Cukup dengan kemauan dan kreativitas dari orang tua, proses belajar anak bisa terlaksana semudah melakukan permainan. Selamat mencoba.

#harike-2
#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Thinklogic

Nining Purwanti
Selamat datang di blog Ibu Kiya. Ibu pembelajar yang suka baca, kulineran, jalan-jalan, dan nonton drama Korea. Selamat menikmati kumpulan coretan ibu Kiya, semoga ada manfaat yang didapat ya. ��

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar