header coretan ibu kiya

Belajar dari Kim Jae Ha

Posting Komentar

K2
www.wikipedia.com

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.

Kubaca sekali lagi tulisan yang tertera dalam gawai pintarku. Mendadak pikiranku kembali ke beberapa waktu yang telah berlalu. Pada sebuah drama Korea yang telah kutamatkan episode terakhirnya, sudah lama, tetapi masih membekas dengan jelas dalam ingatan.

Aku tersenyum simpul, mengingat sosok Kim Jae Ha yang begitu istimewa. Kim Jae Ha aka K2 yang menjadi tokoh utama dalam drama Korea dengan judul yang sama. Bukan … bukan karena Ji Chang Wook alias Babang Ichang-nya, tetapi benar-benar pada sosok yang dilakoninya.



Dikisahkan, Kim Je Ha (Ji Chang Wook) merupakan seorang mantan prajurit, yang karena berbagai peristiwa dan pengkhianatan, ia keluar, hingga akhirnya menjadi seorang pengawal. Je Ha yang dikenal dengan julukan K2 tersebut ditugaskan untuk mengawal Choi Yoo Jin (Soon Yoon A), istri dari calon presiden Jang Se Joon(Cho Seong Ha). Choi Yoo Jin juga merupakan seorang putri dari keluarga kaya raya dengan segala intriknya.

Se Joon memiliki seorang putri rahasia bernama Go Ahn Na (Yoona SNSD) yang suka menyendiri, mudah depresi, dan takut terhadap orang lain (anthropophobia).

Kim Je Ha pun bertemu dengan Go Ahn Na. Meski awalnya,  bagi Kim Je Ha, cinta hanyalah alat untuk membalas dendam semata, pada akhirnya ia benar-benar jatuh cinta pada Go Ahn Na.

Sementara itu, Choi Yoo Jin (ibu tiri Go Ahn Na) berambisi sebagai First Lady yang pandai menyembunyikan sifat ambisiusnya dibalik sifat baik dan ramah yang ia tunjukkan.

Terlepas dari romantisme putri dan pengawal, serta berbagai upaya perebutan kekuasaan yang ditonjolkan, aku begitu hanyut dan ikut menangis tersedu-sedu pada episode pungkasan.

Saat adegan Jae Ha harus mengorbankan dirinya mati di Cloud Nine karena bom pengkhianatan. 😭😭😭

Ingat kan, saat itu, teman-temannya menunggu Jae Ha penuh kecemasan. Mereka menangis, marah, menyesal, segala rasa mereka luapkan ketika Jae Ha sudah tidak bisa diajak komunikasi, karena mengira Jae Ha sudah mati.

K2
K2

Padahal saat itu, di ruang yang sama, ada sosok yang lebih berkuasa, yang selama hidupnya mereka sembah-sembah dan senantiasa mereka jaga. Namun, kenapa justru Jae Ha, yang hanya orang biasa, bahkan sempat mereka harapkan kejatuhannya yang mereka cemaskan?

Tentu bukan tanpa alasan. Sebagaimana kita ketahui, meski Jae Ha seorang pembunuh bayaran, seorang pengawal dengan masa lalunya yang kelam, ia bukanlah sosok yang arogan. Ia menjalani perannya demi mempertahankan hidup, dan mencari kebenaran. Selama hidupnya, ia tidak pernah menyakiti orang lain, bahkan orang-orang yang membencinya dan hampir membunuhnya pun ia maafkan, tetap dianggapnya sebagai teman, dan tak segan menolongnya saat kesusahan.

Jae Ha tidak menggunakan kemampuannya dan keleluasaan hidupnya untuk berbuat semena-mena. Ia lindungi orang-orang yang tidak bersalah, dan banyak berbuat kebaikan bagi orang-orang di sekelilingnya. Tanpa pamrih!

Yup, di situlah poin pentingnya.
Bahwasanya, menjadi apa atau siapapun kita, hidup bermanfaat bagi orang lainlah yang utama. Sebagaimana anjuran Rasullullah Saw kepada umatnya.

Setiap perbuatan akan kembali kepada orang yang berbuat. Ketika kita memberikan manfaat kepada orang lain, maka manfaatnya akan kembali untuk kebaikan diri kita sendiri. Begitu juga sebaliknya. Tak peduli sekecil apapun peran kita dalam kehidupan ini, tak perlu merasa rendah diri. Karena Allah SWT pun telah menjanjikan, bahwa kebaikan sebesar zarah pun akan mendapatkan balasan. 😇

___

Judul : The K2
Judul Lokal : Deo Keitu
Tayang : Mulai 23 September 2016
Waktu Tayang : Jumat & Sabtu, Pukul 20:30
Genre : Action, romance
Jumlah Episode : 16 episode
Stasiun TV : tvN
Sutradara : Kwak Jung Hwan
Penulis Naskah : Jang Hyuk Rin
Bahasa : Korea
Negara : Korea Selatan
Pemain : Ji Chang Wook (Sebagai Kim Je Ha), Song Yoon A (Choi Yoo Jin), Yoona SNSD (Go Ahn Na), Lee Jung Jin (Choi Sung Won), Cho Seong Ha (Jang Se Joon), Kim Kap Soo (Park Gwan Soo), Shin Dong Mi (Kim Dong Mi), Son Tae Young (Ibu Go Ahn Na)

Nining Purwanti
Selamat datang di blog Ibu Kiya. Ibu pembelajar yang suka baca, kulineran, jalan-jalan, dan nonton drama Korea. Selamat menikmati kumpulan coretan ibu Kiya, semoga ada manfaat yang didapat ya. ��

Related Posts

Posting Komentar