header coretan ibu kiya

Tak Perlu Kode-kodean

15 komentar
Bunda Sayang
Komprod Day 16

Hari ini benar-benar wow, karena baru sembuh dari migren efek menstruasi. Uring-uringan itu sudah pasti, intinya sih ingin dimengerti.


Nah, berhubung si ayah sedang tidak peka, tadi sore ibu mendadak banyak diamnya. Awalnya hanya karena hal sepele sih, tapi jadi melebar kemana-mana. Ya, mau gimana lagi, PMS itu memang bikin kacau suasana hati. Lhoh, kok jadi PMS yang dikambinghitamkan? Hahaaa ….

“Ibu kenapa?” tanya si Ayah sore tadi.
“Nggak papa.” sewot terus diem.

Eh, si ayah bukannya merayu atau melakukan sesuatu untuk meredakan ngambeknya ibu, malah ikutan diam dan asyik sendiri. Kan gondok jadinya. Huft.

Lama-lama didiemin kok makin tersiksa ya. Rentetan kata, dan luapan amarah yang terpendam seolah ingin meledak dan menimbulkan bencana.

Tiba-tiba ingat materi komunikasi produktif di kelas bunda sayang. Komunikasi orang dewasa itu mengutamakan logika, bukan perasaan.

Salah satu kaedah komunikasi produktif dengan pasangan adalah clear and clarify.
Mau tak mau mencoba membuka hati. Daripada kode-kodean tetapi tak kunjung dimengerti, meski dengan terpaksa, ibu mulai buka suara. Menyatakan rasa yang mengganjal dalam hati. Akhirnya suami pun menanggapi, dan kami pun kembali berhaha hihi.

Aihhh … rasanya benar-benar terbantu dengan semua ilmu dalam materi komunikasi produktif. Tak apa mencoba dengan paksay di awal, semoga bisa menjadi habit yang menghindarkan kami dari miskomunikasi. Alhamdulillah. πŸ˜‡

___

#hari16
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional
#komprod
#komproddengansuami
#bunsayjateng4
Nining Purwanti
Selamat datang di blog Ibu Kiya. Ibu pembelajar yang suka baca, kulineran, jalan-jalan, dan nonton drama Korea. Selamat menikmati kumpulan coretan ibu Kiya, semoga ada manfaat yang didapat ya. ��

Related Posts

15 komentar

  1. Balasan
    1. Kembali kasih. Terima kasih sudah mampir juga mbaakkk. 😘

      Hapus
  2. Klo ceritanya lbh panjang lbh asyik. Bacanya enak bgt, keren...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, otak sedang nggak mau diajak kompromi merangkai aksara yang panjang ini. πŸ˜πŸ™ Jangan lupa mampir lagi ya. 😘

      Hapus
  3. Klo ceritanya lbh panjang lbh asyik. Bacanya enak bgt, keren...

    BalasHapus
  4. Suami emang tidak selalu paham kalau dikasi kode sama istri ya mba...pada pad istri cuma minta didengerin dan dimengerti 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbaaak. Hihihiii ... Bikin gemes gemes gimana gitu ya. πŸ˜…

      Hapus
  5. Menjalin komunikasi dengan pasangan memang penting. Agar merasa nyaman

    BalasHapus
  6. Hihi kok lucu, seperti orang tua saya juga gitu. Wanita memang makhluk unik yang sedikit rumit ya. xD

    BalasHapus

Posting Komentar