header coretan ibu kiya

Why Secretary Kim

5 komentar
Resensi novel
a novel by Jeong Gyeong Yun


Novel ini sudah dibuat versi webtoon, dan dramanya.

Judul Buku : Why Secretary Kim
Penulis : Jeong Gyeong Yun
Penerbit Buku Asli : Gahabooks, Korea
Penerbit Buku Terjemahan : Haru Media
Tahun Terbit : 2018
Tebal Buku : 394 hlm.
ISBN : 978-602-51860-2-8

***

“Tadi kau ingat apa yang dikatakan oleh Doktor Park di dalam mobil?”
“Kata-kata yang mana?”

“Kata-kata yang mengatakan bahwa kita kadang terlambat menyadari pentingnya kehadiran seseorang. Ketika dia bertanya apakah kita tahu perasaannya saat dia melihat mantan istrinya berjalan berduaan dengan mesra bersama pria lain.”
“Ooh, iya.”

“Karena perkataan Yooshik itu, aku jadi berpikir. Suatu hari, kalau Sekretaris Kim berhenti bekerja dan keluar dari perusahaan ini …”

Melihat Youngjun yang tidak menyelesaikan kalimatnya, sekilas muncul ekspresi sedih di wajah Miso. Sepertinya Miso sudah bisa memperkirakan apa yang ingin dikatakan oleh Youngjun tanpa harus mendengarkannya sampai akhir. Apa yang membuat pria narsistik dengan harga diri yang kuat, dan kepercayaan diri yang tinggi seperti Youngjun bisa mengatakan hal itu?

“Ya ampun, Wakil Presiden Lee ….”

“Aku berpikir bagaimana perasaanmu kalau melihatku berjalan berdampingan dengan mesra bersama wanita lain?”

Gubrak!

Kau tahu bagaimana rasanya hidup bersama atau paling tidak bertemu dengan orang tengil macam Presiden Lee ini? Dia memiliki kemampuan seolah-olah mengkhawatirkan orang lain, tapi pada intinya tetap membanggakan diri sendiri. Mhuahahaaa ….

Rasanya gemes-gemes gimana gitu ya? Dan Miso mampu hidup selama sembilan tahun di sisinya, meski berkali-kali di PHP-in perasaannya seperti itu. Sungguh, wanita luar biasa.

Kisah romantisme Wakil Presiden Lee Youngjun dengan sekretaris pribadinya, Kim Miso, diawali dengan gambaran suasana kehidupan malam para eksekutif muda, dan orang-orang kaya di sebuah tempat hiburan kelas elite, Lounge Karibia, Hotel Geukdong.

Di sebuah tempat tertutup, dan rahasia, yang hanya bisa diakses oleh orang penting diantara orang-orang yang penting, seorang pria tampan, kaya raya, bisa juga dibilang sempurna tanpa tanding sedang dilanda kegalauan karena sekretarisnya yang sudah 9 tahun menemani mengajukan pengunduran diri.

Kegalauannya berbuntut panjang hingga membuat pria tersebut terjaga semalaman. Meski terkenal sebagai pria paling cerdas, dan selalu bisa memecahkan permasalahan-permasalahan, sepelik apapun itu, nyatanya ia tak mampu mendapat jawaban dari kegundahan hatinya.

Akhirnya, ia memutuskan untuk bertanya langsung alasan pengunduran diri sekretarisnya. Padahal, selama ini ia selalu memberikan gaji tertinggi, semua kebutuhan Miso pun terpenuhi.

Betapa terkejutnya Presiden Lee, saat mengetahui alasan Miso berhenti hanya untuk mencari kebahagiaannya sendiri.

Selama ini, Miso sudah bekerja keras untuk orang lain, hingga mengabaikan perasaan, dan kesenangannya. Meski cerdas, Miso membatalkan kuliah, dan memilih bekerja untuk membiayai sekolah kedua kakaknya, serta melunasi utang ayahnya. Tanpa sadar, usianya sudah sangat matang, tetapi belum pernah sekalipun ia berkencan. Ia ingin menjalani kehidupan normal seperti sahabat-sahabatnya; menikah, memiliki anak, dan hidup bahagia bersama keluarga kecilnya. Seperti orang lain pada umumnya.

Presiden Lee yang sudah begitu nyaman, dan menyukai Miso pun mengerahkan segala cara untuk membatalkan keinginan Miso. Dengan kekuasaannya, ia melakukan survei di restoran tempat Miso dan teman-temannya berkumpul untuk mengetahui hal-hal yang ingin dilakukan Miso.

Ia pun mewujudkan semua impian yang Miso tulis dalam lembar survei tersebut. Mulai dari menikmati permainan di salah satu taman bermain terbesar di Korea, melihat kembang api di tepi Sungai Han, mendapat buket isi 100 bunga mawar. Satu-satunya yang gagal ia wujudkan hanya 'ciuman di gang depan rumah Miso’, karena Miso menolaknya. Hahaaa ….

Dari ceritanya, kita mendapatkan gambaran betapa gilanya seorang pria kalau sudah dimabuk cinta. Bedanya, cara Youngjun menaklukkan Miso sangat unik, karena ia menggunakan cara-cara elegan, di luar nalar, agar tak menjatuhkan wibawanya. Kelihatan banget kan karakternya yang bikin gemas-gemas gimana gitu.

Meski Presiden Lee begitu menyebalkan, dan membuat Miso sering kewalahan, ada sisi kelam yang Presiden Lee sembunyikan dan ingin dikuburnya dalam-dalam. Sementara itu, Miso juga menyimpan kepingan-kepingan kisah dalam benaknya, layaknya puzzle yang ingin ia selesaikan dan ungkap tuntas kasusnya. Apakah ada keterkaitan di antara keduanya?

Yang pasti, konflik semakin menjadi setelah kehadiran Lee Seongyeon, seorang  penulis terkenal, kakak kandung Presiden Lee yang selama ini hidup berpindah-pindah ke berbagai negara, dan menyembunyikan identitasnya.

***

Meski sudah melihat kisah ini versi webtoon maupun dramanya, saya masih excited dan jatuh cinta dengan kisah versi novelnya. Banyak hal-hal yang tidak kita temukan dalam drama, diungkap jelas melalui novel ini. Seperti identitas penculik, dan alasannya menculik Youngjun kecil; sifat asli Lee Seongyeon, yang ternyata suka bergonta-ganti wanita; penyebab pertengkaran Youngjun dengan kakaknya; dan lain sebagainya.

Saya benar-benar jatuh cinta dengan cara penulis mengungkapkan karakter setiap tokoh, serta mengemas latar, dan alurnya. Ia mampu menggunakan penceritaan secara fisiologi, sosiologi, maupun psikologis. Seolah-olah kita melihat langsung, dan masuk dalam ceritanya. Jujur, ini novel tebal pertama yang mampu saya lahap dalam waktu 2 hari saja. πŸ™ˆ

Tak hanya menyuguhkan romansa cinta yang menggemaskan, dari novel ini kita bisa banyak belajar ilmu parenting. Menyelami perasaan anak yang terpaksa mengesampingkan mimpinya demi keluarga, mengetahui sakitnya anak ketika mendapatkan perlakuan berbeda dari orang tuanya, menyadari bahwa kekayaan dan kehidupan semewah apapun tak akan mampu menghilangkan luka dari perundungan, dan trauma-trauma di masa kecil, serta menunjukkan bahwa sibling rivalry jika tidak disadari, dan segera diatasi mampu menimbulkan ledakan sifat, dan perilaku yang membahayakan bagi diri sendiri mauoma orang disekelilingnya.

Novel yang menginspirasi. Meski sudah melihat versi dramanya, tidak ada salahnya jika ingin menggali kisah lengkapnya melalui novel ini. Nantikan review selanjutnya di buku Secretary Kim volume 2, ya. πŸ˜‰

Selamat membaca. πŸ“š

___
#komunitasonedayonepost #ODOP_6 #Day03
Nining Purwanti
Selamat datang di blog Ibu Kiya. Ibu pembelajar yang suka baca, kulineran, jalan-jalan, dan nonton drama Korea. Selamat menikmati kumpulan coretan ibu Kiya, semoga ada manfaat yang didapat ya. ��

Related Posts

5 komentar

  1. Ak merinding mbacanya nih.. gemas gemas piyee yaaa.. pantesan ratingnya tinggiii hahaha.. mbaca reviewnya ngingetin ak sama komik imadoki nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mama Ghaaziy. Versi novelnya lebih menggemaskan. Ayo ikutan nonton. #eh πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  2. Aku ingin baca novel ini. Sepertinya lebih greget daripada drama dan webtoonnya. Sudah banyak yang merekomendasikan soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus banget Mbak. Aku lebih suka versi bukunya. 😍😍😍

      Hapus
  3. Duh jadi pengem banget kan. Tydakk godaaann

    BalasHapus

Posting Komentar