header coretan ibu kiya

#KAI, Travelling bersama Buah Hati? Don't Worry be Happy!

10 komentar
Oleh Nining Purwanti

Travelling
Travelling menggunakan Kaligung

Travelling is my adventure. Menjalani long distance marriage membuat saya terbiasa bepergian sendiri. Terlebih sejak sang buah hati lahir, bolak-balik Tegal-Semarang sudah menjadi rutinitas bulanan. Dulu saat anak belum lahir, mau pakai moda transportasi apapun, hayuk aja! Beda cerita sejak ada gadis kecil yang siap nginthilin Ibunya ke mana saja.

Bepergian bersama si kecil, tentu memerlukan persiapan ekstra. Termasuk dalam memilih moda transportasi. Kenyamanan menjadi salah satu faktor yang perlu diperhatikan. Karena akan berbuah kerempongan, dan menimbulkan trauma untuk bepergian jika selama perjalanan ia tidak bisa menikmati kebahagiaan.

Kereta api, menjadi pilihan yang paling tepat untuk kami. Ada beberapa faktor yang menjadi alasan kami jatuh hati pada moda transportasi yang satu ini.

1. Jarak tempuh lebih singkat
Kereta api Indonesia

Perjalanan Tegal - Semarang menggunakan kereta api hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2,5 jam. Berbeda halnya dengan menggunakan moda transportasi lain. Bus misalnya, perlu waktu kurang lebih 4-5 jam perjalanan untuk sampai tujuan.

Belum lagi, ada jeda istirahat di Terminal Pekalongan yang cukup memakan waktu. Bisa jadi, menimbulkan kebosanan bagi sang buah hati.

2. Deretan panorama alam yang memanjakan mata
Kereta api Kaligung

Kedua, perjalanan Tegal - Semarang menggunakan kereta api terasa lebih menyenangkan. Kita akan disuguhi panorama alam yang memesona. Deretan perbukitan hijau yang menyejukkan, dan bentangan pantai laut Jawa yang memanjakan mata.

Meski di dalam kereta, keindahannya mampu membawa kita merasakan kesejukan deburan ombak. Jika beruntung, penumpang bisa menyaksikan semburat warna jingga nan elok saat matahari terbenam dari atas kereta. Selain itu, jajaran kapal para nelayan yang bersandar di tepi pantai, pengunjung pantai yang sedang asyik memancing, dan hiruk pikuk pedagang serta pembeli di pasar ikan yang ramai menjadi daya tarik tersendiri.

Bagi anak, ini menjadi media belajar yang mengasyikkan. Mampu memantik rasa ingin tahunya pada segala kejadian yang ia saksikan, sehingga perjalanan yang ia lalui terasa lebih menyenangkan, dan berkesan.

3. Fasilitas yang memadai membuat penumpang aman dan nyaman

Sejak awal tahun 2017, PT KAI meluncurkan rangkain kereta api jurusan Semarang Poncol - Tegal PP kelas ekonomi ‘rasa eksekutif’. Dikenal dengan sebutan Ekonomi New Image. Perbaikan di berbagai lini menjadikan kereta api semakin nyaman dan memanjakan penumpang.

Dulu tempat duduk berhadap-hadapan dan terbuat dari bahan yang keras, dengan kemiringan 90°. Sekarang, tempat duduk penumpang menggunakan konfigurasi seat 2-2, dengan bentuk seperti sofa, dan sudut sandaran bisa diatur sesuai selera. Selain lebih privasi, hal ini tentu menimbulkan kenyamanan bagi penumpang, terutama yang bepergian dengan anak-anak.

Rasa nyaman semakin terasa karena hadirnya berbagai fasilitas tambahan. Adanya stop kontak listrik, tempat meletakkan makanan dan minuman, juga gantungan plastik atau barang bawaan. Kabin bagasi penumpang lebih luas mirip bagasi pesawat, AC sudah tersentralisasi. Setiap gerbong dilengkapi fasilitas televisi LED sebanyak 2 unit yang ditempatkan di bagian tengah. Paling penting dari semua itu, kebersihan toilet, dan kelengkapannya lebih terjaga dibanding sebelumnya.

4. Pemesanan tiket semudah dalam genggaman

Seiring perkembangan zaman, kemudahan dalam mengakses informasi dan berbagai keperluan hidup pun mengalami perubahan. Hal ini pula yang dimanfaatkan oleh PT KAI. Demi memanjakan, dan memudahkan penumpang, pemesanan tiket kereta api kini dapat diakses secara online.

Jika dulu, kita harus meluangkan waktu datang ke stasiun, atau terburu-buru datang lebih awal dari jadwal pemberangkatan supaya tidak kehabisan tiket. Kini, cukup dengan kuota internet tiket sudah dalam genggaman. Bahkan, pemesanan tiket bisa dilakukan sejak H-90 atau 3 bulan sebelum pemberangkatan.

Pemesanan tiket online dapat dilakukan melalui situs resmi https://www.kai.id. Bisa juga melakukan transaksi melalui online travel agent (OTA) lain yang merupakan partner resmi PT KAI, seperti gerai alfamart, traveloka, tiket.com, pegi-pegi, dan lain sebagainya.


Lalu bagaimana jika mendadak ada halangan atau ingin melakukan perubahan jadwal pemberangkatan? Don't worry be happy! PT KAI membolehkan kita me-refund tiket maksimal 30 menit sebelum jadwal keberangkatan. Kurang istimewa apa coba?

5. Harga tiket terjangkau

Alasan yang paling utama bagi emak-emak seperti saya, tentulah pertimbangan soal harga. Sebagaimana prinsip ekonomi, mengeluarkan pengorbanan sekecil-kecilnya untuk mendapatkan hasil semaksimal mungkin. Dengan harga tiket yang sama, yaitu 50.000 untuk dewasa, dan gratis untuk anak usia di bawah 3 tahun. Fasilitas dan kenyamanan yang didapat lebih besar dibandingkan moda transportasi lain.


6. Aman dari rasa lapar
Gambar : www.google.com

Lapar menjadi momok utama saat berpergian bersama buah hati. Pasalnya, jika tidak segera tertangani akan menyebabkan anak rewel sepanjang jalan. Tentu saja membuat perjalanan tidak nyaman, dan akan berpengaruh pada aktivitas selanjutnya.


Sebagai emak-emak, terkadang kita lupa untuk mempersiapkan bekal perjalanan. Terlebih jika dilakukan secara dadakan, atau berangkat dalam keadaan tergesa-gesa. Namun, tak perlu cemas jika bepergian menggunakan kereta api, permasalahan tersebut bisa teratasi dengan hadirnya kantin kereta.


Kantin kereta menyediakan berbagai macam menu pilihan seperti nasi goreng, nasi dengan lauk fried chicken, pop mie, makanan ringan, dan aneka minuman hangat maupun dingin. Penumpang dapat membeli sajian tersebut saat petugas kantin keliling dari gerbong ke gerbong. Apabila rasa lapar sudah tak tertahankan, kita bisa langsung menuju gerbong kantin kereta yang terletak di tengah rangkaian. Aman dan nyaman kan?


Jadi, masih ragu untuk travelling bersama si kecil? Jelas tidak dong, kan ada moda transportasi kereta api sebagai solusi.


*Tulisan ini diikutsertakan dalam kompetisi “Rail Blogger Contest”.
Nining Purwanti
Selamat datang di blog Ibu Kiya. Ibu pembelajar yang suka baca, kulineran, jalan-jalan, dan nonton drama Korea. Selamat menikmati kumpulan coretan ibu Kiya, semoga ada manfaat yang didapat ya. ��

Related Posts

10 komentar

  1. Balasan
    1. Ayok mbak jalan-jalan pakai kereta. Sekarang banyak lhoh, kereta wisata. Kaya Semarang-Solo tuh. 😍

      Hapus
  2. Betuull saya pun sangat puas jalan jauh pake kereta 😆

    BalasHapus
  3. Jadi kangen naik kereta, seru perjalanan naik kereta apalagi kalo rame-rame 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, iya ya. Boleh juga nih idenya. Wisata kereta bareng sahabat atau keluarga besar. 😍

      Hapus

Posting Komentar